BOLMUT ||-Bolmong Utara, salah satu kabupaten yg letaknya di kutub utara dalam kawasan Mongondow. Ya, mirip2 dengan Nusa Utaralah jika dalam kawasan Sulut. Entah karena posisinya yg identik dengan kawasan termarginalkan, atau mungkin karena utara selalu sulit bertumbuh ke atas. Wong posisinya khan sudah di atas.

Sudahlah basabasinya.
Yang pasti Bolmut ini pada tahun 2020 menempati posisi ranking 12 dari 12 kabupaten berdesa se Sulut. Artinya, desa dengan status berkembang yang paling kecil jumlahnya adalah desa di Kabupaten Bolsel.
Bupatinya tidak saya kenal, tapi Wakil Bupatinya adalah tetangga saya di bilangan Mahawu. Kampung yang banyak menampung orang2 dari Nusa Utara, termasuk saya dan Pak Amin Lasena.
Kepada tetangga saya Pak Amin, tahun 2021 ini so boleh kase prentah pa Camat2 dan Sangadi2 supaya serius bakerja. Kong bilang akang pa Bupati, bekeng kwa Program Inovasi Daerah for mo ukur akang kinerja Camat2 dengan Sangadi2. Kalo perlu suntik dana sadiki pa dorang supaya tatambah tu energi for mo balaju akang tu pembangunan.

Mar tetap sehat2 selama memimpin orang2 utara. Biasanya orang utara itu skill individu

mantap

deng susah kalo diajak kerjasama kelompok. Kalo sandiri2 kira2 dorang pake prinsip: Somahe kai kehage.

(Dirno Kaghoo)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *