KENDAL – BUMDes Bangun Karya, Desa Bangunrejo, Kecamatan Patebon, kabupaten Kendal selalu memberikan kontribusi kepada desa. Seperti sebelumnya, tahun ini kontribusi yang dihasilkan meningkat.

Kades Bangunrejo, Haji Subur Falahudin, menginformasikan, pada tahun 2020, BUMDes Bangun Karya memberikan sumbangan Rp 35 juta untuk desa dari laba yang diperoleh. ‘’Tahun sebelumnya hanya Rp 21 juta, sehingga meningkat sebesar Rp 14 juta,’’ terangnya.

Menurut Subur, BUMDes yang didirikan 2014 itu juga mendongkrak PAD desa.  Hasil laba dari BUMDes itu 65% untuk PADes. Sebagian dikembalikan kepada masyarakat. Salah satunya adalah kas RT dan RW dengan besaran Rp 750.000.

Saat ini unit usaha BUMDes memiliki sejumlah usaha seperti pengelolaan air bersih, simpan pinjam, pengelolaan sampah dan bidang pertanian. ‘’Selain itu juga memiliki pertokoan  yang menyediakan bahan pokok sehari hari,’’ tutur dia.

Menurut dia, hingga kemarin terdapat sekitar 25 karyawan yang menangani usaha itu. Mereka juga memperoleh gaji, tetapi yang lebih di kedepankan adalah mengabdi untuk desa untuk mensejahterakan masyarakat Bangunrejo ‘’BUMDes itu banyak membantu masyarakat yang membutuhkan,’’ katanya. (RA-01)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *