Kritik Keras Ke Jabes

SANGIHE ||-Bupati Sangihe, Jabes Ezar Gaghana adalah salah satu Bupati sahabat dekat saya. Pun demikian Eyang (Sehan Landjar) yang sekarang menjadi mantan Bupati Boltim. Juga belakangan CEP (mantan bupati Minsel) yang saya kenal saat Pilgub yang lalu. Ketertarikan saya pada CEP Sehan dengan Program Dana Desa yg bersumber dari Kantong APBD Provinsi, menjadi selasatu faktor penarik minat saya untuk bergabung dalam tim strategi mereka pada Pilgub 2020 lalu. Tentu juga disertai ajakan JEG.

Awal tahun 2021, setelah Pemerintah melalui Kemendes PDTT mempublikasikan Indeks Desa Membangun (IDM), saya kaget bukan kepalang.
Naluri risetku langsung bergejolak dan menganalisis paparan data IDM 12 Kabupaten Berdesa di Sulut. Hasilnya ternyata: Sangihe, kemudian Minsel dan disusul Boltim serta Bolsel, merupakan Kabupaten2 yang gagal membangun desa mereka, dibanding kabupaten lainnya meskipun dengan kucuran Dana Desa yang demikian signifikan.
Saya menepuk jidat. Ini menyedihkan. Saya langsung menelepon JEG dan Kadis PMD untuk minta klarifikasi mereka. Kepada JEG saya mengkritisi langsung ke “jantung”. Apa input, output, impact dan pengaruh dari Program Inovasi Daerah yang bernama: Medaseng dan Pastane itu?
Jabes jujur mengakui. Dirinya kesulitan dengan Pastane. Konsepnya sudah demikian bagus. Tapi sulit dicerna oleh masyarakat petani dan nelayan. Demikian klarifikasinya. Sambil membuat coretan pada sebuah kertas menggunakan spidol hitam, saya terus memberi masukan.
Masih ada sisa waktu untuk benahi semua masalahnya. Segra revitalisasi semua program inovasi sebelum berakhir masa jabatan. Karena Anda harus meletakkan fundasi yang kuat bagi arah pembangunan Sangihe pasca Anda memerintah. Sangihe pada 2024 harus sudah ditargetkan sebagai Kabupaten Maju, dimana lebih dari 50% Desa berstatus sebagai Desa Maju.
Dengan revitalisasi program inovasi daerah Medaseng dan Pastane dalam kombinasi Pandemi, maka ekonomi Sangihe diproyeksikan membaik pada 2022. Saya siapkan strateginya.
(Dirno Kaghoo)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *