Bitung ||- LBH Bitung turun lokasi Minggu, (28/02/2021). Untuk melihat kondisi dari apa yang menjadi keluhan masyarakat Lingkungan IV Kelurahan Papusungan, ada 12 Kepala Keluarga yang ada di Kelurahan Papusungan Kecamatan Lembeh Selatan, terancam untuk angkat kaki dari tempat tinggalnya, atau membayar iuran sebesar 5 jt, dikarenakan ada oknum yang mengklaim bahwa tanah yang ditempati oleh masyarakat setempat adalah milik dari oknum tersebut.

Lagi-lagi masalah yang berhubungan dengan tanah menghantui masyarakat yang tinggal di Pulau Lembeh, melihat masalah tersebut dan berdasarkan laporan masyarakat maka LBH turun tangan untuk siap membantu masyarkat.

Ivana N Natarang, SH salah satu anggota LBH mengecek lokasi bersama rekan LBH Senin, (21/02/2021) untuk mencari informasi yang akurat dari masyarakat, sehingga didapati di lokasi tersebut adalah suatu hal yang sangat miris. dan ketika dikonfirmasi oleh team media terkait informasi atau sumber yang didapatkan dari lapangan maka beliau memberikan pernyataan sebagai berikut.

 

“Wilayah pesisir pantai yang ada di Kelurahan Papusungan Lingkungan IV sejak dulu sudah di tempati oleh warga sekitar yang merombak wilayah sepadan pantai hingga mereka sudah menempati tempat tersebut sedari turun temurun, akan tetapi baru sekarang ada pihak yang mengakui bahwa tanah tersebut milik keluarga mereka, sehingga meminta warga sekitar untuk mengosongkan wilayah tanah yang mereka tempati kalau tidak mengindahkan permintaan yang dikatakan, maka masyarakat yang tinggal di sekitaran tempat itu harus membayar iuran sewa tiap tahunya pada setiap keluarga sebesar 5 jt,  sedangkan masyarakat yang terkait hanya berprofesi sebagai nelayan dan petani yang tidak dapat menyanggupi permintaan tersebut karena faktor ekonomi lemah. Sayangnya pemerintah setempat tidak dapat memperhatikan keberadaan masyarakat kecil, dengan mengutamakan kemanfatan dan keadilan yang seadil-adilnya.”kata Ivana.

Mendengar keluhan masyarakat dan laporan dari team, maka LBH Kota Bitung menyambut dengan respon yang sangat positif. Untuk itu SERKA (Purn).Tomy Lumuhu, SH., MH, CPLC., CPCLE selaku Direktur LBH Kota Bitung ketika dikonfirmasi lewat akun WhatsApp pribadinya, dirinya memberikan pernyataan yang tegas.

Direktur Lembaga Bantuan Hukum Kota Bitung, SERKA (Purn).Tomy Lumuhu, SH., MH, CPLC., CPCLE

“LBH Bitung hadir di pulau Lembeh untuk memberikan perlindungan hukum yang berkeadilan bagi masyarakat. Terkait dengan permasalahan hukum yang dialami beberapa kepala keluarga di Lingkungan IV Kelurahan Papusungan, Kecamatan Lembeh Selatan Kota Bitung dimana lahan tersebut sudah ditempati selama puluhan tahun oleh warga, maka kami LBH Bitung siap mendampingi untuk mempertahankan hak-hak mereka.
Kami LBH Bitung juga meminta kepada pemerintah kota Bitung dalam hal ini Camat Lembeh Selatan dan Lurah Papusungan untuk hadir di tengah-tengah masyarakat agar warga yang berdomisili di tempat tersebut merasa aman dan terlindungi.” Tegas Tomy.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *