Pemerintah Desa Tumaluntung Satu menerima kunjungan kelompok perangkat desa dari Kabupaten Bone Bolango,Jumat,10/12/2021.

Plt Hukum Tua desa Tumaluntung Satu,Arther Mokalu beserta perangkat Desa menerima secara langsung kedatangan rombongan tersebut di kantor Desa Tumaluntung Satu. Sebanyak 40 orang terdiri dari perangkat desa diantaranya kaur keuangan desa dan juga beberapa pegawai PNS kecamatan di Kabupaten Bone Bolango Gorontalo.

Tujuan kunjungan ini adalah dalam rangka studi banding dan ingin mendapatkan tambahan ilmu serta pengalaman dari Desa Tumaluntung Satu, dalam tata kelola administrasi keuangan desa serta penyusunan perencanaan tahunan, karena Desa Tumaluntung Satu termasuk salah satu desa yang pencairan dana desa nya lebih awal atau cepat di Kabupaten Minahasa Selatan pada tahun ini serta dalam penyusunan perencanan dan pengelolaan sudah bagus dan telah menggunakan aplikasi Siskeudes (Sistem Keuangan

Dalam sambutannya Plt Hukum Tua desa Tumaluntung Satu,Arther Mokalu mengucapkan selamat datang kepada rombongan dan juga terima kasih atas kedatangannya, dan berharap agar kegiatan studi banding ini dapat memberikan pengetahuan dan dapat saling berbagi pengalaman berkaitan tentang masalah di desa.

Kemudian memaparkan kondisi Desa, serta bagaimana cara mengatur kinerja perangkat desa agar dapat bekerja semaksimal mungkin sehigga tata kelola Pemerintah Desa menjadi lebih baik.

Mokalu juga membagikan pengalamannya dalam melaksanakan semua kegiatan tersebut di desa dengan detail sehingga para peserta memahami dengan hasil diskusi ini dan dapat menerapkan apa yang didapat di Desa Tumaluntung Satu ini untuk diterapkan di desa masing-masing.

Sementara Sekretaris Desa (Sekdes) Ruddy Londong, menjelaskan beberapa hal terkait pengelolaan siskeudes juga menerangkan tentang tata kelola serta perencanaan pengelolaan, pelaksanaan, pengawasan, sampai pada penyusunan laporan laporan.

Rombongan Kepala Desa,BPD dan perangkat desa yang melaksanakan Studi Banding di desa Tumaluntung Satu, berasal dari 2 Kecamatan ,yaitu Kecamatan Suwawa Tengah dan Kecamatan Suwawa Selatan Kabupaten Bone Bolongo Kota Gorontalo ini di dampingi langsung Kabid Pemdes DPMD Frangky Joddy Tanango,Camat Suwawa Selatan Feilmy Chayani Ismail,SE,Camat Suwawa Tenga Oktapianus Tangahu,M.Ap,Sekcam Suwawa Selatan Suhardi Hassan,SIP

Setelah acara diskusi selesai, acara kemudian ditutup dengan pemberian cinderamata oleh kelompok perangkat desa dari Kabupaten Bone Bolango Gorontalo, kemudian dilanjutkan acara ditutup dengan foto-foto.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *