TARERAN!Sekretaris Kecamatan (Sekcam) Tareran Kabupaten Minahasa Selatan, Donald Karundeng,SE membuka pelatihan dan penyuluhan pemberdayaan perempuan Desa Rumoong Atas II, bertempat di Balai Pertemuan Umum (BPU) Kantor Desa setempat, Rabu,15/12/2021.

Dalam kegiatan pelatihan ini,pemdes Rumoong Atas II menghadirkan Narasumber,Staf Khusus DPRD Minsel Ibu Seydi Lintong ,Ketua TP-PKK Kecamatan Tareran Ibu Vanda Sanggor,Sekretaris Kecamatan (Sekcam) Donald Karundeng,SE.
Seydi Lintong,Saya sangat mengapresiasi kegiatan ini, terutama kepada Pemerintah Desa Rumoong Atas II, karena memberikan porsi atau memberikan kesempatan kepada perempuan untuk menunjukan kapasitas.

Perempuan itu sebenarnya sangat berperan, terutama dalam pembangunan , masyarakat, daerah dan juga kepada Negara,” ujar Lintong

“Atas ide dan gagasan yang baik ini, Lintong mengatakan, dalam situasi pandemi saat ini betul-betul membuat aktivitas masyarakat berubah, sehingga dengan pelatihan ini para kaum perempuan mampu meningkatkan kapasitasnya, baik bagi diri sendiri maupun keluarga”.

Seydi, mudah-mudahan ibu-ibu yang hadir disini dapat memahami seluruh materi yang ada sesuai dengan apa yang diharapkan,berharap agar seluruh peserta bukan hanya mampu memahami tetapi juga nantinya mampu mengimplementasikan dan menunjukan diri bahwa perempuan itu bisa dan sangat penting peranannya di dalam keluarga.

“Seperti yang kita ketahui kalau di keluarga, siapa yang paling berperan kalau bukan kita para kaum perempuan. Dari kita masak, mengurus anak, mengurus suami kemudian selanjutnya di dalam masyarakat adat, perempuan juga yang bergerak. Untuk itu, ayo kita semangat dan tunjukan bahwa peran perempuan dalam segala hal itu sangatlah penting dan nanti Saya juga ikut andil memberikan materi terkait penguatan bagi kaum perempuan” tegasnya.
Sementara Plt Hukum Tua Desa Rumoong Atas II menyampaikan, pihaknya menggagas kegiatan ini tiada lain untuk memberikan pemahaman kepada seluruh perempuan, keterlibatannya dalam pembangunan yang ada di Desa dan mampu meningkatkan pendapatan keluarga.

“Melalui pelatihan ini, kami berharap, seluruh peserta meningkatkan kapasitasnya sebagai tokoh perempuan dan meresapi seluruh materi yang ada dalam pelatihan.

Pemberdayaan perempuan merupakan strategi penting agar bisa lebih mampu berkarya secara mandiri, bukan saja untuk Desa,tetapi untuk membantu memenuhi kebutuhan hidup diri sendiri dan keluarga masing-masing,” ucapnya.

Sumber dana dari pelatihan ini diambil dari APBDes Desa Rumoong Atas II. Materi-materi yang diberikan mengacu pada standarisasi pelatihan-pelatihan, yang terdiri dari materi dasar terkait dengan kebijakan pengembangan dan pembangunan pemberdayaan perempuan di Kabupaten Minahasa Selatan.” tutupnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *